Cari Kerja (Part 1)

(((Hallo, postingan ini sebenernya gue copas aja dari blog yang lama yaa))

Oke buat postingan yg pertama ini gue mau cerita soal kehidupan gue sekarang. Semenjak lulus wisuda S1 tgl 6 Februari kemaren sampe sekarang gue nganggur di rumah alias belom kerja. Jadilah sehari-hari gue sibuk sebagai job seeker yaa cari kerja lewat online, dateng ke job fair, sampe minta tolong sodara atau temen kasih tau info kalo ada lowongan. Selain itu gue dateng ikut tes2 kaya tes wawancara dan psikotes. Trus main sama cowo gue atau seharian aja gitu di rumah.

Sebenernya pas sebelum sidang skripsi gue sempet ditawarin kerja sama senior gue di sebuah perusahaan yang bergerak di bidang asuransi. Waktu itu kata senior gue buat gantiin dia di posisi public relation karena dia dipindahin ke posisi lain. Dia udah banyak kasih tau nanti kerjanya kaya gimana sampe ngasih tau salarynya berapa. Gue yg saat itu masih kepikiran nanti sidang bakalan kaya gimana (blom mikirin kerja) tapi ngerasa ini peluang banget buat gue. Akhirnya setelah nanya ke orang tua dan mereka setuju gue pun meng-iyakan untuk gantiin dia di posisi itu tapi tetep gue harus melewati proses rekruitmen di kantornya. Satu hari setelah gue sidang, gue kirim CV ke kantornya dan beberapa hari setelah itu dikabarin bahwa gue harus kesana untuk wawancara. Jujur gue takut karena ini adalah wawancara kerja pertama buat gue. Beruntung sih karena senior gue banyak bantu banget ngasih tau apa aja yg bakal di tanya pas wawancara. Tapi tetep aja deg-degan karena yg bakal wawancara gue itu langsung direkturnya.

Hari untuk gue wawancara pun tiba. Setengah jam sebelum jam yg ditentukan gue udah dateng dan emang masih sepi juga sih saat itu kantornya. Gue nunggu beberapa menit trus mba2 resepsionisnya dateng dan nyuruh gue isi formulir. Abis isi formulir gue dipanggil mba HRD nya dan langsung masuk ke ruangan dmana bpk direktur itu udah nunggu. Gue masuk dan masih degdegan. Pas awalnya sih gue masih bisa jawab pertanyaan2 yg dikasih. Tapi lama-lama gue ngerasa aneh, karena pertanyaannya jd religius gitu. Si bpk nanya kenapa gue pake kerudung, ada di ayat dan surat apa yg memerintahkan perempuan untuk pake kerudung. Trus nanya perintah solat juga ada di surat dan ayat apa. Yg menurut gue itu gak ada korelasinya sama kerjaan gue nanti. Tapi hal itu cukup seakan nampar gue karena ilmu agama gue yg gue yakini emang masih cetek banget. Kurang lebih setengah jam gue wawancara. Abis itu gue nunggu di luar sambil ngobrol2 sama senior gue. Gak lama, mba HRD nya dateng dan nyampein kalo gue lulus wawancara dan lanjut dengan psikotes hari besoknya.

Psikotesnya itu di Sintesa (PT. Sinergi Penta Esa) yang ada di Graha Atrium Senen. Mulai dari jam 08.00.Terakhir gue ikut psikotes itu pas sma . Jadi udah rada lupa soal psikotes itu kaya gimana, makanya di hari sebelumnya gue sempet searching dulu soal2 psikotes. Yg psikotes bareng sama gue lumayan banyak ada sekitar 8 orang dan dari perusahaan2 yang berbeda. Gue rada lupa soal nya kaya gimana aja yg jelas ada soal itung2an, gambar, kepribadian, yg banyak angkanya, dan ketemu sama psikolog langsung. Setelah ngejalanin semuanya sih gue ngerasa gak terlalu susah kecuali yg soal itung2an soalnya waktu yg dikasih tuh sebentar banget.
Kata senior gue setelah psikotes kalo lolos lanjut medical checkup. Tapi udah sebulan dan sampe sekarang gak ada kabar lagi huhu. Gue sih yakin gak lolos secara udah 2 bulan dari gue tes itu blom ada kabar juga. Sedih sih tapi yaudah mungkin blom rezeki gue disana. Gue selalu percaya Allah pasti udah kasih rencana yg baik buat gue. Cuma mungkin blom sampe aja :))

Dan cerita soal pencarian kerja gue blom selesai sampe disini, masih berlanjut yaa..

Leave a Reply

