Alhamdulillah :)

Oke, jadi ceritanya sebelum gue dipanggil interview buat di Bank Mandiri gue pernah masukin lamaran di PT. Derazona Air Service dgn posisi sebagai Document Control. Lowongannya gue dapet dari temen gue yang share di grup angkatan.

Kurang lebih sebulan setelahnya, gue inget banget waktu itu lagi tidur siang tiba-tiba ada yang nelfon bilang dari Derazona dan gue diundang untuk interview, tes bahasa inggris dan tes pengetahuan umum. Jujur saat itu gue lupa pernah ngirim lamaran kesana (saking banyaknya kirim-kirim lamaran :p) Singkat cerita, seminggu kemudian gue kesana. Lokasi kantornya itu ada di Gedung MTH Square, tapi nanti lokasi kerja gue gak disini melainkan di Bandara Halim Perdanakusuma.

Proses interview dan tes2nya berlangsung kurang lebih 3 jam. Awalnya gue diminta untuk mengisi form data diri, lanjut dengan tes pengetahuan umum (banyak pertanyaan yang berkaitan dengan dunia penerbangan), trus tes bahasa Inggris, dan yang terakhir interview. Gue di interview oleh 3 orang sekaligus, yaitu : Manager MR (calon bos gue), staf HRD dan Manager GS. Overall gue merasa semuanya bisa dilalui dengan baik sih dan gak terlalu deg-degan juga, mungkin karena ini udah interview kesekian kalinya kali yaa hehe.

Seminggu kemudian, gue dikabari melalui email kalo gue lulus interview dan lanjut ke psikotes. Dari email yang dikirim, pikotesnya akan berlangsung di Dr. Sarlito & Rekan yang berada di Plaza Ciputat dari jam 08.00 – 16.00 dan tidak boleh telat. Gue tercengang melihat jamnya, gilaa lama banget psikotesnya ngapain aja coba selama itu. Akhirnya gue kesana, berangkat jam setengah 7 pagi dari stasiun cakung sampai stasiun tanjung barat dan lanjut ke Plaza Ciputat naik grab bike. Gue sampe disana jam 07.40 dan yang bikin nyebelin tempat psikotesnya (kayak ruko gitu) belom buka trus gak ada tempat duduk buat nunggu. Akhirnya gue berdiri aja gitu, sampe akhirnya ada beberapa orang yang dateng dan ternyata mau psikotes juga tapi dari perusahaan-perusahaan lain.

Sekitar jam 08.10 akhirnya tempat psikotesnya dibuka dan kita semua masuk ke ruang kelas. Hemm gue rada lupa psikotesnya apa aja. Yg jelas pauli (kertas koran yg angkanya berderet) itu ada, tes gambar, soal cerita hitungan, dll. Jam 12 kita disuruh istirahat dan jam 1 masuk lagi lanjutin tes serta ada wawancara dgn psikolog. Nah wawancara psikolog ini nih yang lama karena psikolognya cuma 2 sedangkan yg mau wawancara ada sekitar 10 orang jadi nunggunya lumayan lama. Saat akhirnya gue masuk ke ruangan psikolog, pertama yaa biasa ditanya soal kuliah dan pengalaman kerja, kenapa mau kerja disini dan posisi ini trus ditanya plus minus diri kita itu apa aja sama ditanya latar belakang keluarga juga. Abis itu sempet dibahas juga gambar yg gue buat pas test. Terakhir, gue dikasih balok-balok kecil dan diminta untuk disusun sesuai dengan gambar-gambar yang dikasih. Ibu psikolognya pegang stopwatch biar tau berapa menit kita bisa selesai susun baloknya. Makin lama gambar yang dikasih makin rumit dan baloknya juga makin banyak.

Kurang lebih 2 minggu kemudian, gue dikabarin lagi. Ternyata gue lulus psikotes dan lanjut untuk medical check-up. Sebelum medical checkup, gue dikasih job offer untuk ditandatangani dan akan berlaku kalo gue lulus medical checkupnya. Medical check-upnya di Klinik Medicare yang ada di Menara Kadin Kuningan lantai 27. Dan dikasih tau juga untuk puasa dari jam 10 malam sampe besok paginya. Saat sampai di Medicare ternyata rame banget orang-orang yang pada mau medical checkup juga.Yg pertama kali gue lakuin ialah ambil darah. Trus ke kamar mandi untuk ambil air seni. Lanjut dengan buka puasa/ sarapan pagi yang disediain disana. Abis itu ketemu dokter di cek pake stetoskop, diliat dan diraba payudaranya, ditanya riwayat penyakit sama jadwal menstruasi. Setelah itu masuk ruang rontgen, dengan pakaian khusus. Trus ambil darah lagi. Trus ke ruangan khusus untuk cek pendengaran, jadi masuk ke ruangan kedap udara dan dipakein earphone. Trus lanjut lagi dengan cek tekanan darah, ukur tinggi dan berat badan. Yang terakhir rekam jantung, dengan baju yg dibuka. Semua tahapan medical checkup itu memakan waktu 4 jam lebih.

Seminggu setelah medical checkup gue dikabarin bahwa gue lulus semua tahapannya dan diterima kerja!

FINALLY ALHAMDULILLAH!!

Hari pertama gue kerja itu hari Selasa, 12 April 2016.
Semoga gue bisa kerja dengan baik dan maksimal setiap harinya, amiin.

Leave a Reply

