Cari Kerja (Part 2)

(((Masih dari blog yang dulu)))

Alohaaaa, lama yah gak ngeblog lagi hehe. Soalnya kemaren2 lagi ribet tes ini itu buat kerja.
Nah, sekarang gue mau ngelanjutin cerita gue tentang perjalanan pencarian kerja gue. Sebenernya udah rada lupa urutan perusahaan yg gue lamar dimulai dari apa, tapi masih inget kok apa aja. Dan biar lebih gampang gue buat poin2 ajaa ya.

1. Public Relation di sebuah kantor yang bergerak di bidang asuransi. Cerita tentang ini dan tes2 yg gue lalui udh diceritain ya di blog sebelumnya.

2. Management Trainee di perusahaan Investasi Saham
Infonya gue dapet dari job fair yg dibuat di kampus gue waktu itu. Jadi awalnya tuh gue ngedatengin boothnya kan pas job fair, dan gue kasih cv. Eh gak taunya gue langsung dikasih undangan untuk interview dikantornya 2 hari setelah job fair. Sebelum dateng interview gue sempet cari tau ini perusahan apa. Ternyata gak terlalu banyak info yg gue dapet. Akhirnya karena gue penasaran dan merasa ini peluang, gue pun memutuskan untuk dateng ke kantornya yg ada di menara mulia.

Sampe disana, gue kenalan sama cewe yg ternyata sekampus sama gue tp beda angkatan. Setelah ngobrol2, intinya gue sama kenalan gue ini agak curiga sama ini perusahaan. Karena kita berdua takut kalo kerjanya jadi sales hehe. Dan kita sepakat untuk nanya sama pihak perusahaan, sebenernya kita kerjanya apa. Nah, anehnya si pihak perusahaan ini bilang kalo kita harus lolos dulu tes wawancara baru besoknya dikasih tau apa kerjaannya. Hemm, jadi makin curiga aja kan.

Tapi yaudah, akhirnya kita ikut jalanin tes. Ternyata sebelum wawancara, ada psikotes dulu. Cuma ini soal psikotesnya aneh bgt menurut gue. Karena cuma ada 10 soal aja dan gampang-gampang banget. Entah kenapa gue makin curiga sm perusahaan ini. Setelah psikotes, gue wawancara. Dan wawancaranya itu berdua sama temen gue. Pertanyaan yg diajukan itu standar bgt, menurut gue kurang mencerminkan diri kita dgn pertanyaan kaya gitu. Akhirnya setelah kurang lebih setengah jam wawancaranya selesai. Lalu di sore harinya gue ditelfon sama kantor tersebut, dan dikabarin kalo gue lolos tes masuknya dan besok udah mulai training pertama. Jujur gue kaget banget. Karena ngerasa cepet juga yaa proses perekrutannya. Feeling gue kalo bakalan dijadiin sales makin gede. Tapi karena masih penasaran akhirnya gue memutuskan buat dateng besoknya.

Nah keesokan harinya gue balik lagi ke kantor tersebut buat dikasih penjelasan mengenai company profile sama jobdesc. Dan……bener aja feeling gue kalo ujung-ujungnya kerjanya sebagai sales. Karena udah gak minat yg tadinya 2 sesi gue cuma ikut 1 sesi aja hehe.

3. Frontliner/Back Office Bank Mandiri
Berawal dari googling “bank mandiri karir” gue menemukan website ini https://www.mandiricareer.net/#mandiri-jobs dan memilih “Banking Operation Staff” untuk di region IV (Jakarta Pusat, Jakarta Timur dan Bekasi). Seminggu kemudian gue dapet email untuk wawancara pertama di Wisma Mandiri Tamrin.

Sebelum datang ke wawancara gue banyak browsing mengenai tahapan seleksi masuk Bank Mandiri khususnya di bagian yg gue ambil. Dari hasil searching sih banyak yg bilang wawancara awal itu gampang karena cuma ditanya personal diri kita aja. Jadi yaa pas wawancara lumayan tenang lah gue gak terlalu tegang. Dan ternyata emang bener yang ditanya seputar diri kita semasa kuliah, setau apa kita soal pekerjaan sebagai teller/backoffice dll. Orang yang wawancara gue cukup baik sih trus di akhir dia bilang kalo merekomendasikan gue untuk posisi teller, mungkin karena dia liat tinggi badan kali yaa haha gak tau juga sihh. Ohh iya sebelum wawancara kita emang di ukur tinggi dan berat badannya sama security. Selain dia merekomendasikan gue, dia juga bilang kalo gue harus siap buat psikotes karena kata dia yang paling susah itu saat psikotes, dan bank mandiri buat psikotesnya itu pake SHL Direct https://www.cebglobal.com/shldirect/en/practice-tests

Pengumuman kapan gue psikotes itu lamaaaaa banget datengnya hehe, sebelum dan selama gue nunggu itu gue udah sempet ikutan tes buat di kantor lain. Sampe akhirnya gue lolos di kantor tersebut. Dan kurang lebih seminggu setelah gue masuk kerja baru dikabarin untuk psikotes telat bangeettt deh hahaha.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s